2019/10/16

MANFAAT BAWANG PUTIH BAGI KESEHATAN


Manfaat Bawang Putih bagi kesehatan
Bawang Putih
Bawang putih ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan, simak ulasan berikut ini tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan.

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Manfaat bawang putih yang satu ini pasti bakal membuat senang bagi Anda yang sementara ini dalam perawatan rambut. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang dapat membantu memperkuat struktur batang rambut. Ada juga calcium zinc dan antimikroba yang bisa mencegah kerusakan kulit kepala dengan membunuh kuman dan bakteri.

2. Mengobati Sinusitis
Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur, ini yang sangat dibutuhkan bagi penyembuhan sinusitis. Bawang putih dapat mengobati sinusitis dengan mengurangi rasa nyeri, sehingga memberikan kelegaan dari sakit kepala terkait sinusitis. Bawang putih juga bisa menyembuhkan pilek dan batuk biasa.
Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

3. Mengobati Psoriasis
Penyakit Psoriasis adalah kondisi kulit yang meradang yang menyebabkan bercak-bercak menyakitkan, gatal, dan pengelupasan. Biasanya terjadi di kepala orang yang menderita. Dengan mengkonsumsi bawang putih yang punya sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, dapat mengurangi gejala di atas.

4. Turunkan berat badan
Bawang putih bisa membantu menurunkan berat badan dengan salah satu enzim yang dikandungnya. Menurut penelitian enzim yang terkandung di bawang putih dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan menurunkan berat badan. Secara ilmiah sudah dibuktikan kalau bawang putih termasuk kedalam rempah-rempah tinggi nutrisi tapi rendah kalori dari Journal of Nutrition tahun 2011. Pada penelitian lain tahun 2012 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih membantu mengurangi indeks massa tubuh partisipan. Tapi harus digarisbawahi berat badan turun bukan semata-mata karena makan bawang putih saja, akan tetapi konsumsi bawang putih dikombinasikan dengan olahraga dan perubahan gaya hidup lainnya.

Baca Juga : Manfaat Bawang Merah

5. Mengobati jamur
Salah satu penyakit karena jamur adalah Athlete’s foot, penyakit ini mengakibatkan seseorang mengalami gatal, nyeri, terbakar di daerah kaki. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang kakinya sering basah, berkeringat, atau yang memakai sepatu ketat. Bawang putih bisa menjadi solusi yang jitu karena bawang putih yang memiliki sifat anti jamur yang bisa menghancurkan jamur di kaki.

6. Mengobati sariawan
Sariawan merupakan gejala infeksi virus yang ditandai dengan adanya lecet atau luka di tempat-tempat seperti tenggorokan dan di sekitar mulut. Sekali lagi solusi ampuh untuk sariawan adalah bawang putih. Bumbu dapur ini punya sifat antimikroba, antimikroba ini ternyata bisa membantu memulihkan sariawan.
Manfaat Bawang Putih bagi kesehatan

7. Mengurangi jerawat bengkak
Jerawat terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Kandungan bawang putih menjadi solusi dimana bawang putih juga mengandung enzim yang berguna untuk membantu mengatur ketidakseimbangan hormon. Karena jerawat batu itu ada karena ketidakseimbangan hormon, maka bawang putih berfungsi untuk menyeimbangkan hormon yang akan berguna untuk mengurangi jerawat bengkak/jerawat batu.

Baca Juga : Manfaat Serai Bagi Kesehatan

8. Meredakan Infeksi tenggorokan
Bawang putih juga punya manfaat untuk meredakan infeksi tenggorokan. Infeksi ini biasanya disebut radang tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri bakteri itu terakumulasi di tenggorokan dan menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Kita juga sudah tahu kalau bawang putih punya sifat antibakteri yang sangat baik, karena itu diyakini kalau bawang putih bisa membantu untuk meredakan infeksi tenggorokan.
Manfaat Bawang Putih

9. Meningkatkan imunitas
Bawang putih ternyata mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Vitamin C adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh. Kita sering mendengar istilahnya adalah sistem imunitas. Bawang putih yang mengandung vitamin C jumlah tinggi itu bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita.

10. Mengurangi tekanan darah
Penyakit hipertensi memiliki beberapa tanda-tanda antara lain sering tegang leher atau sering sakit kepala. Bawang putih punya banyak antioksidan alisin, kandungan ini yang memiliki kemampuan untuk mengurangi aliran darah ke arteri. Perlu kita tahu aliran darah ke Arteri inilah yang bikin orang hipertensi, sementara bawang putih bisa mencegah ini sehingga mampu mengurangi hipertensi. Dengan manfaat seperti ini, maka bawang putih juga dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

No comments:

Post a Comment

PERHITUNGAN LAUNCHING PELUNCURAN KAPAL

 Launching (peluncuran) kapal adalah proses menurunkan kapal dari landasan peluncur ke air yang disebabkan oleh gaya berat kapal pada bidang...