2019/08/20

DOCKING PLAN KAPAL

Docking Plan

Apakah yang disebut docking plan kapal, dan untuk keperluan apa docking plan dibutuhkan.
Sesuai namanya, docking plan adalah sebuah gambar atau rencana untuk kapal dalam melakukan docking. Docking sendiri dibutuhkan kapal dengan berbagi tujuan. Antara lain, perawatan kapal berkala, atau untuk perawatan kapal karena emergency.
Docking plan kapal dibutuhkan saat kapal akan melakukan pengedokan, baik di graving dock maupun di floating dock. Docking plan sangat dibutuhkan untuk menjaga kapal tetap tegak dan stabil pada saat di atas dock.

Docking Plan

Material yang digunakan sebagai support/ganjal dari badan kapal biasanya terbuat dari kayu. Kayu digunakan saat docking dikarenakan kayu tidak akan merusak body kapal saat digunakan sebagai ganjal/support.
Penempatan ganjal pada docking plan harus memperhatikan konstruksi di dalam kapal. Penempatan ganjal diposisikan pada konstruksi yang terkuat agar tidak terjadi deformasi pada konstruksi lambung kapal. Konstruksi yang biasa digunakan sebagai tempat pemasangan ganjal adalah centre girder, side girder, web frame dan juga sekat-sekat kapal.

Kapal Sedang Docking

Selain harus memperhatikan konstruksi badan kapal, docking plan juga harus memperhatikan bukaan-bukaan yang terdapat pada lambung kapal. Misal bukaan seachest, bottom plug, dan berbagai peralatan kapal yang ditempelkan di lambung kapal, seperti speed log, echo sounder dll.
Jumlah dan luasan ganjal yang digunakan dihitung sedemikian rupa sehingga mampu untuk menopang berat kapal secara keseluruhan dan juga mampu menjaga stabilitas kapal di atas dok.

Kapal diatas Floating Dock


No comments:

Post a Comment

PERHITUNGAN LAUNCHING PELUNCURAN KAPAL

 Launching (peluncuran) kapal adalah proses menurunkan kapal dari landasan peluncur ke air yang disebabkan oleh gaya berat kapal pada bidang...