2019/08/20

DEAD WEIGHT BOBOT MATI KAPAL


Dead weight (bobot mati) kapal adalah daya angkut dari sebuah kapal dimana termasuk berat muatan, bahan bakar, minyak pelumas, air minum, bahan makanan, berat crew dan penumpang serta barang yang dibawanya.
Berat muatan adalah jumlah berat muatan yang diangkut, sedangkan berat bahan bakar adalah jumlah bahan bakar yang digunakan dalam pelayaran.
Sedangkan jika dead weight (bobot mati) ditambah dengan berat kapal kosong (lightweight) maka jumlahnya disebut dengan Displacement kapal. Atau bisa ditulis:

W = Dead Weight (DWT) + Berat Kapal Kosong (LWT)

Materi tentang Berat Kapal Kosong (LWT) dan cara untuk mencari dan perhitungannya akan kami sajikan di artikel berikutnya. Materi tentang Inclining Test atau percobaan lambungan kapal.

Satuan yang berhubungan erat dengan Dead weight (bobot mati) kapal adalah satuan yang menggambarkan volume ruang muatan. Dimana pembagian volumenya biasanya dibedakan dalam 3 bagian ruangan, yaitu:
1. Ruang muatan cair (Liquid Cargo Tank)
2. Ruang muatan dingin (Refrigerated cargo hold)
3. Ruang muatan kering (Dry Cargo Hold)

Sedangkan volume atau kapasitas ruang muatan kering biasanya dibedakan dalam 3 macam muatan, yaitu:
1. Gross Cargo Capacity : kapasitas ruang muat yang direncanakan, sehingga tidak termasuk          adanya pengurangan ruang muat yang diakibatkan konstruksi kapal.
2. Grain Cargo Capacity : kapasitas ruang muatan untuk biji-bijian atau tanpa pembungkusan.
3. Bale Cargo Capacity : kapasitas ruang muatan yang dibungkus, misalnya muatan dalam                karung, kotak, drum dan lain-lain.

Nilai Grain Cargo Capacity pada umumnya lebih besar dari nilai Bale Cargo Capacity karena muatan grain bias mengisi sela-sela konstruksi kapal dibandingkan muatan Bale yang terpacking.
Dead weight (bobot mati) kapal dapat dimanfaatkan secara maksimal atau tidak tergantung juga dengan jenis muatan yang dibawa, apakah berjenis Grain (curah) atau muatan Bale (terpacking).

No comments:

Post a Comment

PERHITUNGAN LAUNCHING PELUNCURAN KAPAL

 Launching (peluncuran) kapal adalah proses menurunkan kapal dari landasan peluncur ke air yang disebabkan oleh gaya berat kapal pada bidang...