2019/10/02

MANFAAT TANAMAN CIPLUKAN

Buah Ciplukan pada awalnya adalah tanaman liar yang tidak dibudidayakan. Jika sudah masak, buah ini memiliki warna agak kemerahan dan memiliki rasa yang manis.
Buah ciplukan ini memiliki nama lain sasanet atau cecendet dan bila dalam bahasa latin tanaman ini namanya physalis. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di persawahan, dan biasanya ada di sekitar rumput dan jadi mainan anak-anak di desa.
Manfaat Tanaman Ciplukan bagi kesehatan
Tanaman Ciplukan
Dibalik penampilan buahnya yang sederhana, ternyata tanaman ciplukan ini harganya amat mahal padahal di desa-desa tanaman ini kurang diperhatikan. Beberapa akun Instagram bahkan mulai ramai membicarakan tanaman ciplukan itu, mereka heboh sebab tanaman yang biasanya jadi mainan atau dibiarkan begitu saja itu ternyata memiliki harga yang mahal.
Berikut beberapa manfaat dari buah ciplukan tersebut untuk kesehatan.
1. Mengobati penyakit kulit
Jika terkena penyakit kulit seperti bisul dan kurap tidak perlu buru-buru menggunakan obat dari Apotek, kita dapat mencoba cara alami dari tanaman ciplukan ini yang tentunya jauh lebih alami dan aman karena tanpa bahan kimia, caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu melumatkan daun dari tanaman ciplukan sampai halus lalu oleskan ke bagian yang terkena penyakit kulit itu.
Buah ciplukan bagi kesehatan
Buah Ciplukan
2. Mengobati sakit batuk
Buah ciplukan juga bisa meredakan sakit batuk yang mengganggu, cukup rebus 5 butir buah ciplukan dengan segelas air hingga mendidih diamkan hingga hangat dan campurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis lalu diminum.

Baca Juga : Manfaat Bawang Merah

3. Obat penyakit bronchitis
Manfaat ciplukan untuk mengobati penyakit bronkitis tidak bisa diragukan lagi, semua kandungan senyawa yang ada dalam buah ini mempunyai khasiat yang bagus untuk mengatasi bronkitis asal dikonsumsi dengan teratur dan rutin.
Buah ciplukan bagi kesehatan
Buah Ciplukan
4. Menurunkan kolesterol
Kolesterol tinggi merupakan salah satu ancaman yang menakutkan bagi banyak orang karena dapat memicu munculnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi bukan hanya terjadi pada orang yang tubuhnya gemuk, orang bertubuh kurus pun dapat terkena kolesterol jika asupan dan pola makannya tidak baik. Mengkonsumsi buah ciplukan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dengan kandungan asam oleat dan Dino yang ada di dalamnya.
5. Dapat menurunkan darah tinggi
Ternyata buah ciplukan juga dapat membantu menurunkan darah tinggi, Anda dapat mengkonsumsinya dengan merebus ciplukan kering ke dalam air sekitar 250 ml jangan lupa disaring sebelum meminumnya supaya tidak tertinggal ampas ampas dalam minuman. Untuk hasil yang maksimal Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur setiap pagi dan sore.

No comments:

Post a Comment

PERHITUNGAN LAUNCHING PELUNCURAN KAPAL

 Launching (peluncuran) kapal adalah proses menurunkan kapal dari landasan peluncur ke air yang disebabkan oleh gaya berat kapal pada bidang...