2019/09/22

JENIS KAPAL BERDASAR ALAT PENGGERAKNYA

Kapal memiliki beberapa jenis alat penggeraknya, hal ini disesuaikan dengan daerah pelayarannya dan juga kegunaan kapal tersebut.
Kapal dibedakan menjadi 4 jenis berdasar alat penggeraknya.

1. Kapal dengan alat penggerak Layar
Disebut juga kapal layar. Kecepatan kapal ini tergantung pada angin. Banyak dijumpai pada kapal-kapal latih dan pada kapal barang, tetapi hanya pada kapal kecil.

Kapal Layar

2. Kapal dengan alat penggerak paddle wheel
Sistem paddle wheel prinsipnya adalah seperti penggunaan dayung untuk mendorong kapal. Padle wheel dipasang dikiri dan kanan kapal dan bergerak berputar dibantu oleh mesin. Digunakan pada perairan yang tenang dan dangkal. Missal di danau dan sungai sebagai kapal wisata. Juga bisa digunakan sebagai kapal pembersih sampah.

Kapal Pembersih Sampah

3. Kapal dengan alat penggerak jet propulsion
Sistem kerja dari jet propulsion adalah air diisap melalui saluran di depan kapal, lalu didorong kea rah belakang kapal dengan menggunakan pompa hingga menimbulkan dorongan air. Sistem ini banyak dijumpai pada kapal boat kecil berbahan fiberglass atau stainless steel yang memiliki kecepatan tinggi.

Speed Boat

4. Kapal dengan penggerak propeller (baling-baling)
Propeller merupakan alat penggerak yang sangat umum digunakan pada berbagai jenis kapal. Mulai kapal kargo sampai kapal tunda. Kapal bergerak karena berputarnya propeller yang dipasang dibelakang badan kapal, sehingga menimbulkan daya dorong.

Kapal Tanker

No comments:

Post a Comment

PERHITUNGAN LAUNCHING PELUNCURAN KAPAL

 Launching (peluncuran) kapal adalah proses menurunkan kapal dari landasan peluncur ke air yang disebabkan oleh gaya berat kapal pada bidang...