2019/08/17

Mukjizat Rasulullah Muhammad SAW


Salah satu mukjizat Rasulullah saw adalah mukjizat terhadap makanan

Kisah ini terjadi ketika persiapan perang Khondaq untuk membuat parit sudah berjalan selama lebih kurang 2 minggu atau di kisah yang lain sudah terjadi selama 1 bulan.
Seluruh pasukan dan Rasul mengalami kekurangan makanan, bahkan sampai 3 hari tidak ada makanan sama sekali, sehingga para sahabat Rasul mengikat 2 buah batu di perut mereka untuk mengurangi rasa lapar. Ketika ada dua orang sahabat yang mengadukan hal ini pada Rasul, maka Nabi tanpa bicara dengan senyum justru membuka bajunya dan menunjukkan 3 buah batu yang mengganjal perut Nabi. Mereka semua dalam keadaan yang sama, belum mendapatkan makanan selama 3 hari.
Melihat hal itu, salah satu sahabat nabi yang bernama Jabir bin Abdullah, merasa tersentuh dan menghadap nabi untuk ijin pulang ke rumah.
Tujuannya adalah untuk mencari makanan di rumahnya guna diberikan Nabi.
Jabir bin Abdillah RA menceritakan ttg hal tersebut kepada istrinya di rumah, tapi tidak ada persediaan makanan di rumahnya kecuali seekor anak kambing dan 1 shak gandum (sekitar 2,5/5 KG).
Maka usul istrinya kepada Jabir, agar menyembelih anak kambing untuk dibuatkan kare, dan gandum dibuat untuk roti. Setelah semua masakan tersebut siap, disuruhlah Jabir untuk mengundang Nabi beserta 3 atau 4 orang sahabat, karena makanan yang tersedia hanya untuk 5 orang saja.
Bergegaslah Jabir menemui Rasul untuk membisikkan kepada Rasul.
“Ya Rasulullah, saya ada sedikit makanan

di rumah, ajaklah bersama anda 3 atau 4 orang sahabat”, bisik Jabir.
“Ya Jabir, apa yang kamu punya di rumah” Tanya Rasulullah
“Kami menyembelih satu ekor anak kambing, dan membuat roti dari 1 shak gandum”, jawab Jabir.
“Banyak sekali Jabir”, kata Rasulullah.
Kemudian Rasulullah naik ke batu besar dan berteriak kepada seluruh pasukan muslim yang berjumlah sekitar 1000 orang.
“Wahai Muhajirin dan Anshor, datanglah semua ke rumah Jabir, karena dia mengundang kalian semua”, teriak Nabi.
“Ya Rasul, kami hanya punya makanan untuk 5 orang, mengapa Anda mengundang seluruh Muhajirin dan Anshor”, Tanya Jabir kepada Nabi dengan khawatir.
“Pulanglah ke rumah, jangan disentuh makananmu sampai aku dating ke rumahmu”, pesan Rasul.
Berlarilah Jabir ke rumah untuk menceritakan hal tersebut kepada istrinya, suami istri inipun diliputi khawatir akan undangan Rasul kepada para sahabat Muhajirin dan Anshor tersebut. Tapi mereka mematuhi perintah Nabi, untuk tdk menyentuh masakannya sampai Nabi sendiri tiba di rumahnya. Mereka percaya akan mukjizat rasulullah.
Setelah Rasul tiba dirumah Jabir bersama 1000 orang Muhajirin dan Anshor, maka Rasul masuk ke rumah Jabir dan menyuruh Jabir untuk memanggil tiap 10 orang masuk ke dalam rumah untuk makan sampai kenyang. Rasul yang menyendokkan kare ke masing2 orang dan membagikan roti gandum ke masing masing orang.
Bergiliranlah tiap 10 orang masuk ke rumah Jabir sampai seluruh pasukan selesai makan sampai kenyang, akan tetapi kare serta roti yang dibagikan oleh Nabi tidak berkurang sedikit pun. Mukjizat Rasulullah tidak berhenti sampai disitu.
Akhirnya nabi menyuruh Jabir untuk membagikan kepada seluruh penduduk Madinah, dan setelah semua penduduk Madinah makan sampai kenyang, masih tidak berkurang sedikitpun kare dan roti yang dibagikan tadi.
Dan giliran terakhir yang makan adalah Nabi beserta keluarga Jabir menikmati hidangan tersebut sampai semuanya merasa kenyang.
Begitulah salah satu mukjizat Rasullullah SAW terhadap makanan. Dan masih banyak mukjizat Nabi yang lainnya berkaitan dengan muamalah dengan para sahabat-sahabatnya.

No comments:

Post a Comment

PERHITUNGAN LAUNCHING PELUNCURAN KAPAL

 Launching (peluncuran) kapal adalah proses menurunkan kapal dari landasan peluncur ke air yang disebabkan oleh gaya berat kapal pada bidang...